loading...

TIPE-TIPE INDEKSASI JOURNAL

Indeksasi Journal adalah Proses Pengindeksan pada Journal . Secara detail ada beberapa tipe Indeksasi Journal yaitu :

  • Search Engines
  • General Indexes
  • Quality Assured Indexes
  • Citation Indexes
  • Regional Indexes
Search Engines

Search engine adalah alat yang digunakan untuk membantu orang menemukan informasi di World Wide Web. Menggunakan program yang dikenal sebagai "laba-laba", yang "merangkak" "web", mesin pencari mengumpulkan metadata deskriptif dan kata kunci dari fulltext dari berbagai halaman web dan membangun besar-besaran, indeks dicari. Beberapa mesin pencari, seperti Google upaya untuk menutupi seluruh web, sementara yang lain fokus pada jenis tertentu konten. Microsoft Academic Search dan Google Scholar hanya mencakup informasi akademik. Meskipun ditolak oleh beberapa akademisi sebagai perangkat, mesin pencari - Google dan Google Scholar khususnya . semakin menjadi pilihan pertama penelitian tidak hanya bagi siswa, tetapi untuk peningkatan jumlah sarjana juga. 
Manfaat lebih lanjut dari mesin pencari adalah bahwa mereka akan memasukkan konten Anda tanpa biaya dan tersedia secara bebas untuk para peneliti. Dapat diindeks di mesin pencari utama akan meluas sampai  ke arah pelebaran audiens Anda. 
Akhirnya, mesin pencari tidak memiliki persyaratan kualitas untuk dimasukkan, sehingga yang diindeks oleh mereka tidak membawa prestise apapun. Namun hal itu, berarti bahwa jurnal baru yang mungkin belum memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam indeks lebih ketat setidaknya bisa memulai dan mulai membangun audiens. 
General Indexes
Tidak seperti mesin pencari yang mencoba untuk memasukkan segala sesuatu di web, General Indexes biasanya membatasi diri untuk konten jurnal. Hanya jurnal yang terdaftar yang dikenal, seperti Comercial Ulrich atau Free New Jour. Seperti mesin pencari, General Indexes tidak membatasi inklusi yang didasarkan pada kualitas, membuat jurnal mudah untuk masuk ke dalam, tapi menghasilkan sedikit Prestasi. Meskipun Anda harus menyertakan General Indexes dalam daftar tempat di mana Anda diindeks, ingat inklusi yang tidak membawa prestise. Oleh karena itu Anda tidak harus menggunakan fakta diindeks di General Indexes sebagai sesuatu untuk mempromosikan. Indeks umum juga dapat menjadi tempat yang baik untuk mencari jurnal yang ada dengan pencocokan atau tujuan yang bersekutu dengan Anda sendiri. General Indexes lain yang penting adalah direktori Open Access Jurnal (DOAJ). The DOAJ hanya indeks jurnal yang dapat diakses secara bebas, dan mengharuskan mereka untuk mematuhi standar jaminan kualitas tertentu. Meskipun DOAJ tidak mengevaluasi kualitas penelitian bahwa jurnal dipublikasikan, DOAJ tidak mengharuskan mereka untuk mempublikasikan dan  membuka standar akses - termasuk peer review eksternal. Untuk meningkatkan kualitas apa indeks, DOAJ baru-baru ini memperkenalkan kriteria kualitas yang lebih ketat. 
Quality Assured Indexes
Indeksasi ini adalah indeks yang memiliki kriteria kualitas tertentu dan semua jurnal harus memenuhi jika mereka ingin terindeks. Misalnya, untuk terindeks pada Medline jurnal harus menjamin bahwa memenuhi standar Medline tersebut yang meliputi kualitas dari jurnal yang diterbitkan serta isu-isu praktis seperti penerbitan tepat waktu, dll. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Medline dan kriteria inklusi dan seleksi, kunjungi situs webnya. 
Beberapa Jenis indeks ini dapat difokuskan pada disiplin tunggal, seperti PsycINFO untuk psikologi, sementara yang lain multidisiplin. Beberapa menggabungkan informasi dari ratusan jurnal, dan lain-lain hanya dapat mencakup metadata dari beberapa journal. Beberapa indeks diproduksi oleh masyarakat ilmiah atau organisasi non-profit dan orang lain dengan bisnis
Citation Indexes
Citation Indexes tidak hanya mencakup metadata dari jurnal (judul artikel, abstrak, penulis, dll), tetapi juga melacak kutipan dari artikel. Menggunakan indeks kutipan, Anda dapat melihat berapa kali artikel tertentu telah dikutip (atau direferensikan) oleh artikel lain dalam indeks. Ada dua kutipan indeks utama: Thomson Reuters Web of Science (WOS) dan Scopus (dari Elsevier). Keduanya adalah produk berlangganan, sehingga meskipun ia bebas untuk diindeks oleh mereka, untuk menggunakan informasi mereka Anda harus membayar langganan. Banyak universitas perpustakaan dapat menyediakan akses ke indeks ini. WOS indeks hanya sekitar 12.000 jurnal, dan membuat keputusan tentang inklusi berdasarkan: 
  • Kualitas konten 
  • Keandalan publikasi 
  • Apakah jurnal yang dikutip dalam jurnal yang WOS sudah indeks 
Indeks ini sangat selektif, dan bisa menjadi sangat sulit bagi JOurnal yang ingin bergabung. Namun Citation Indexes adalah indeks yang paling sangat-diinginkan karena menganugerahkan Impact Factor (IF) dari jurnal.
Regional Indexes
Jenis terakhir dari indeks yang harus Kita Tahu adalah Regional Indexes. Indeks ini berfokus pada jurnal dari daerah tertentu di dunia. Contohnya termasuk Latindex untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Redalyc untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, dan Portugal; Scielo untuk Amerika Latin, Karibia, Spanyol, Portugal, dan Afrika Selatan; dan Afrika Jurnal Online untuk Afrika.  Regional Indexes lainnya dapat ditemukan di situs web INASP JOLs. Selain itu, Organisasi Kesehatan D
unia juga menyediakan indeks regional jurnal kesehatan dari kantor-kantor regionalnya, misalnya Medicus Indeks untuk Mediterania Timur Daerah (IMEMR). 
Regional Indexes menyediakan Informasi penting pada penelitian dan publikasi dari negara atau wilayah Yang layak dan berpartisipasi di Regional Indexes. Mereka juga berguna dalam meningkatkan visibilitas Anda dan membangun komunitas ilmiah lokal atau regional di seluruh jurnal Anda.

.



loading...

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "TIPE-TIPE INDEKSASI JOURNAL"

  1. info tentang salah satu universitas terbaik disumatera utara

    www.uma.ac.id

    ReplyDelete
  2. Thank you for the information you provided, I quite like the information. Hopefully you can make more new information, here I will also try a little information to share with everyone.


    Beberapa Review Daftar Smartphone terpopuler saat ini sudah bisa kalian chek, dimana terdapat Ulasan Seputar Hp terbaru yang berhasil dirangkum dari beberapa Website Review Hp dengan pembahasan Informasi Gadget Terbaik saat ini.

    ReplyDelete