loading...

4 FUNGSI JURNAL ILMIAH

Dalam artikel ini kami akan berfokus pada Journal ilmiah mengenai 4 Fungsi Journal Ilmiah. Journal Ilmiah selalu berhubungan dengan ilmu Pengetahuan atau Kajian Ilmu serta temuan baru dalam pendidikan dan pengetahuan.Jurnal dikatakan Jurnal Ilmiah jika mempunyai fungsi sebagai berikut:

  • Registration, Mempublikasikan klaim prioritas ilmu pengetahuan. Hal yang diutamakan adalah membangun penulis dan kepemilikan ide
  • Dissemination, Menyediakan akses yang mengkomunikasikan penemuan kepada khalayak yang mencari Informasi dari jurnal yang dimaksud.
  • Certification, Memberikan keizinan, atau Tanda persetujuan. hal tersebut memastikan kontrol kualitas jurnal melalui peer review
  • Archival record, Menjaga catatan ilmu pengetahuan. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan sebuah sistem penyimpanan permanen untuk karya yang dipublikasikan sehingga mereka dapat diakses setiap saat di masa depan.
Untuk Registration, bahwa jurnal tidak harus menerima dupikasi atau menjiplak bahan - penulis memiliki hak untuk mendirikan "Hak Cipta" dalam ide-ide dan penelitiannya , dan jurnal harus memastikan bahwa mereka menghormati hal tersebut. serta hal tersebut berarti bahwa jurnal tidak boleh terlalu menunda publikasi (dan memungkinkan penulis lain untuk mencuri Hak cipta).

Untuk Dissemination ini berarti bahwa jurnal harus memastikan bahwa jurnal mendistribusikan konten yang tepat - salinan cetak dikirim ke pelanggan secara efisien,situs web harus bekerja jika tidak maka melemahkan jurnal ilmiah kita apa lagi jika konten tidak dapat diakses.

Certification berarti bahwa jurnal memiliki kewajiban untuk informasi ilmiah yang menerapkan kriteria kualitas untuk segala sesuatu yang diterbitkan- untuk memastikan bahwa itu tidak bukan merupakan sampah atau penipuan. Jurnal ini mempunyai tugas  untuk melindungi para pembaca, dan juga untuk para penulis

Demikianlah 4 fungsi dari Jurnal ilmiah yang kami kutip dari : http://pkpschool.sfu.ca/ semoga bermanfaat semangatttt

loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "4 FUNGSI JURNAL ILMIAH"