loading...

Apa Itu Jurnal ?

Pada era sekarang Tahun 2014 banyak yang membicarakan tentang Jurnal? dalam dunia ilmiah atau bidang akademik pasti tidak asing lagi tentang Jurnal. kemudian apa sebenarnya jurnal itu? menurut http://pkpschool.sfu.ca/ bahwa Jurnal adalah publikasi periodik yang berisi sejumlah artikel yang diterbitkan secara teratur pada interval tertentu; biasanya bulanan atau 1/4 tahun dan dalam beberapa kasus ada yang terbit tahunan. Ada berbagai jenis jurnal yang diproduksi dan dipublikasikan di dunia jurnal . jurnal dapat diklasifikasikan menjadi:
  • Professional or Trade Journals
  • Popular Journals
  • Scholarly Journals
Professional or Trade Journals, Jurnal ditargetkan pada profesi atau industri tertentu dan mungkin berisi berita terkini, pendapat dan saran praktis tentang produk baru dan ulasan untuk menginformasikan para pembaca tentang kejadian dalam industri atau profesi. Artikel mungkin peer-review dan mungkin termasuk kutipan. Beberapa contoh adalah: The Bookseller, MediaWeek, dan Advertising Age.
Popular Journals, berisi berita, cerita fitur dan pendapat dan potongan editorial yang menginformasikan dan menghibur pembacanya. Artikel tidak peer-review dan biasanya ditulis dalam bahasa yang mudah dimengerti. Mereka berisi banyak iklan, ilustrasi dan foto-foto glossy. Kutipan dan bibliografi yang tidak umum. Beberapa contoh jurnal populer adalah Time, Vogue, Economist, People Magazine, etc.
Scholarly Journals, juga dikenal sebagai jurnal wasit, peer-review jurnal atau jurnal akademik adalah majalah yang berisi sejumlah artikel yang diterbitkan secara teratur pada interval tertentu. Tujuan utama mereka adalah untuk menyebarkan pengetahuan dan penelitian temuan baru. Mereka juga mungkin berisi ulasan dan kritik studi dan temuan. Jurnal ilmiah kadang-kadang dapat diidentifikasi oleh judul mereka. Ini mungkin termasuk kata-kata seperti 'Journal', 'Triwulanan', 'Review', 'Proceedings', 'Transaksi', dan bisa merujuk ke disiplin akademis atau bidang studi khusus. Beberapa contoh adalah: Publishing Research Quarterly, South African Journal of Science, and the Journal of Science and Technology.
Demikianlah penjelasan mengenai jurnal. semoga menambah Pemahaman anda dengan Jurnal
loading...

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Apa Itu Jurnal ?"

  1. rtikel jurnal ilmiah adalah artikel yang disusun guna memberikan kontribusi terhadap teori atau penerarapan ilmu. Artikel jurnal ilmiah umumnya tersusun atas judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Artikel Jurnal umumnya memiliki kualitas yang sangat tinggi, baik dari tata bahasa maupun dari konten, jika anda menginginkan contoh artikel jurnal ilmiah dapat menggunakan link download jurnal internasional, atau contoh jurnal ilmiah.

    Apa itu jurnal Ilmiah?
    Menurut wikipedia Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis (umumnya peneliti) mempublikasikan artikel ilmiah yang biasanya memberikan kontribusi terhadap teori atau penerarapan ilmu. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (review oleh orang-orang yang lebih berkompeten). Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, baik ilmu alam maupun ilmu sosial. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih sering untuk bidang ilmua alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain.

    Berdasarkan versi lain, jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk majalah yang berisi bahan ilmiah yang diterbitkan untuk orang-orang dengan minat khusus (misal: matematika). Awalnya jurnal dalam bentuk buku, namun seiring berkembangnya teknologi informasi, jurnal kini diterbitkan dalam bentuk elektronik, atau lebih dikenal dengan nama e-Journal. Jurnal biasanya diterbitkan 2-3 kali dalam setahun, berapa jurnal besar biasanya bisa lebih.

    Karakteristik Jurnal Ilmiah
    Umumnya jurnal ilmiah memiliki aspek perkembangan ilmu, bukan artikel ilmiah biasa. Seleksinya pun cenderung sangat ketat, apalagi jurnal internasional. Jurnal memiliki cakupan materi yang luas namun sangat padat, hanya 6-8 halaman, namun setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan. Jurnal bersifat sangat efektif, tidak memuat gambar atu tabel. Untuk jurnal matematika, umumnya banyak teori rumus dasar yang tidak ditulis, sehingga hanya orang-orang yang sebidang yang dapat memahami isi dari jurnal ilmiah tersebut.

    Tujuan Penulisan Jurnal Ilmiah
    Karena penulisan jurnal ilmiah diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, maka diharapkan yang membaca adalah ilmuwan yang tepat, sehingga dapat membantu penelitian selajutnya, sehingga tidak terjadi banyak peneliti melakukan penelitan yang sama persis. Hal ini bertujuan agar penelitian sejenis bisa saling bekerja sama dan saling menjadi acuan, karena IPTEK akan berkembang sangat pesat, jika para ilmuwan bekerjasama dengan baik. Selain itu jurnal ilmiah adalah suatu upaya untuk memasyarakatkan IPTEK.

    Menulis Jurnal Ilmiah
    Menulis jurnal ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang mudah, tetapi tidak ada salahnya jika dilatih. Jika anda punya artikel yang siap dijurnalkan, sebelum menulis jurnal ilmiah disarankan untuk: (1) Mengetahui lingkup bidang keilmuan suatu jurnal, untuk mengecek apakah artikel kita sesuai (2) Mengunduh/membuat template sesuai aturan jurnal tersebut, (3) Menulis artikel yang sesuai dengan gaya (bahasa, alur, dll) jurnal tesebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @andi latabassam..boleh minta sumber referensinya gak? lagi butuh informasi tentang jurnal...terima kasih

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete